Aqidah Aswaja

Posted on Oktober 3, 2009. Filed under: Aqidah, Aswaja |

IMG_0083

Perdebatan Ahlussunnah Wal jama’ah Dengan Mu’tazilah

Perdebatan ini sebenarnya adalah pertanyaan Murid (Imam Asy Sy’ari) kepada gurunya yang berfaham Mu’tazilah (Abu ‘Ali Al Jubai). Dari perdebatan inilah Imam Abu Hasan Asy Sy’ari keluar dari Faham Mu’tazilah…

Imam Asy Sya’ari Bertanya: ” Bagaimana pendapat tuan tentang 3 orang yang wafat yang berlainan keadaannya. a. Seorang dewasa wafat dalam tho’at, b. Seorang dewasa wafat dalam durhaka, c.Seorang anak wafat dalam usia kecil?? ”

Al Jubai: “Yang tho’at dimasukkan Tuhan kedalam syurga, yang durhaka dimasukkan Tuhan ke neraka dan yang kecil tidak dimasukkan ke dalam syurga dan neraka (bahwa Kaum Mu’tazilah berpendapat, ada tempat antara syurga dan neraka).”

Asy sy’ari :” Andaikata yang kecil itu mau masuk syurga bisakah?”

Al Jubai: “Tidak, tetapi dikatakan kepadanya, bahwa syurga itu dapat dicapai dengan amalan tho’at, sedang engkau belum beramal”.

Asy’ari: “Andaikata anak kecil itu bertanya: Kenapa Engkau Hai Tuhan mewafatkan saya diwaktu kecil, apakah tidak lebih baik saya dimatikan setelah dewasa, sehingga saya dapat beramal sholeh dan bisa masuk syurga?”

Jubai : “Tuhan menjawab: Aku tahu, bahwa engkau sampai dewasa akan mendurhakai Tuhan. Oleh karena itu, yang lebih baik engkau diwafatkan pada ketika usia kecil.”

Asy’ari: “Kalau yang dewasa yang mati kafir bertanya : Hai Tuhan, kenapa Engkau tidak mewafatkan saya pada ketika masih kecil, sehingga saya tidak masuk neraka sebagai sekarang ini, yang lebih baik engkau wafatkan saya ketika kecil, apa jawab Tuhan?”

Jubai : Diam, Tak Menjawab

Wallahu ‘alam bish showaf..

(Di Nukil dari Kitab “Tarikh Al Madzahibul Islamiyah, Karangan Muhammad Abu Zahrab, Juz I, Halaman 193-194) Sumber: Buku I’tiqod Ahlussunnah Wal jama’ah, Karangan KH Siradjuddin Abbas, Cetakan ke-8, Penerbit Pustaka Tarbiyah

Halooini

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Asma’ul Husna

  • Tanggal Hari Ini

  • Blog Stats

    • 2,513 hits

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: